Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Rabu, 06 Juli 2011

Pola Pemecahan Masalah dengan pengambilan keputusan



Masalah merupakan sesuatu yang selalu ada dan muncul pada sebuah usaha atau bisnis. oleh karena itu seorang wirausahawan di dalam mengambil keputusan untuk mengatasi masalah tersebut haruslah secara baik, bijak, dan sangat minimal menimbulkan resiko usaha.
agar dalam pengambilan keputsan dapat dihasilkan sebuah keputusan yang baik, bijak, serta bermanfaat, maka harus dicari penggunakan pola pengambilan keputusan yangbenar.
berikut ini langkah-langkah umum dalam pola pengambilan keputusan :
- Perumusan masalah
Untu dapat memecahkan masalah yang timbul maka perlu dicari lebih dahulu sumber permasalahan yang ada. apabila permasalahanya telah jelas, maka mulai memasuki langka pemilihan model pemecahan masalah.
- Pemilihan Model Pemecahan Masalah yang di gunakan adalah yang sesuai dengan masalah yang dihadapi. penggunaan model yang sesuai sangat diperlukan dalam pemecahan masalah karena pemecahan akan lebih terarah dan pasti, sehingga pemecahan masalah disini tidak lagi bersifat coba-coba. Pemilihan model pemecahan masalah yang tidak tepat akan mengakibatkan ketidaktepatan keputusan yang diambil.
- pengumpulan data disesuaikan dengan masalah yang akan mengakibatkan ketidaktepatan keputusan yang diambil.
- Pengumpulan data disesuaikan dengan masalah yang akan diselesaikan. Menurut sumbernya, data dibedakan menjadi dua, yaitu:
1).Data Primer
Yaitu data yang dikumpulkan langsung dari sumber aslinya (responden/ objek penilaian).
2). Data sekunder
Adalah data yang sudah dikumpulkan oleh peniliti terdahulu atau data yang sudah disiapkan oleh lembaga atau institusi lain.
- Analisis data
Apabila data yang dierlukan telah terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah menganalisis data tersebut dengan menggunakan berbagai model analisis. Sehingga nantinya akan diperoleh beberapa alternatif pemecahan masalah yang bisa digunakan dengan harapan masalah dapat diselesaikan secara lebih baik.
- Ranking alternatif dan pengambilan keputusan
Setiap alternatif pemecahan masalah masing-masing akan memiliki kelebihan maupun kekurangan, untuk itu perlu dipilih alternatif terbaik yang akan digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut.
- Pengambilan keputusan
Berdasarkan ranking alternatif yang telah didapat kemudian dicoba untuk dilihat kemungkinan penerapannya, meliputi keuntungan dan kerugian apa sajakh yang akan ditimbulkan. Alternatif pemecahan masalah yang mempunyai kemungkinan penerapan paling baik yang diputuskan untuk dilaksanakan sebagai pemecahan masalah yang ada.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates