Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jumat, 26 Agustus 2011

Usaha Jualan Martabak Telur

jajanan yang satu ini kayaknya sangat publis di kalangan masyarakat ke atas maupun masyarakat ke bawah... se terkenalnya jajanan ini banyak orang yang ingin memulai usaha dengan berjualan Martabak telur... Anda juga bisa melakukan nya...
Selama ini usaha Martabak telur telah mendominasi pertumbuhan usaha makanan yang kian pesat. Peluang usaha di sektor makanan memang tidak pernah sepi dan sangat beragam. Tidak hanya sektor makanan martabak telur, martabak anispun memiliki prospek cerah sebagai usaha waralaba.

pemanfaatan peluang usaha

Segmen pasar dari Martabak telur ini adalah pasar pelajar dan pekerja kantoran,orang – orang yang sedang bepergian yaitu Segmen pasar yang punya aktiftas dari pagi hingga sore hari ini.

Peluang usaha martabak telur tidak pernah ada matinya.usaha yang satu ini tidak membutuhkan modal yang banyak bisa dikata usaha dengan modal kecil tapi untung besar.sangat cocok untuk usaha sampingan.

Sukses tidaknya usaha martabak telur tergantung lokasi yang Anda pilih.dalam menjalankan usaha martabak telur pada umumnya buka mulai jam18.00 wib sampai habis, soal lokasi ada pada tempat – tempat keramaian, jalan yang ramai dilalui banyak orang terutama jalan – jalan protokol perkotaan, kebanyakan orang sehabis berbelaja akan mampir untuk membeli oleh – oleh martabak telur.

Untuk informasi usaha Bagi Anda yang berada pada lokasi di sekitar perkantoran atau kampus bisa membuka usaha martabak telur pada jam – jam aktifitas mereka.
Guna untuk memperoleh pelangan tetap Anda harus memperhatikan mutu dan kezatan martabak telur yang Anda kelola, terutama pemakaian minyak goreng, jangan sampai menimbulkan rasa rik yang mengakibatkan batuk sehabis makan martabak telur.
Soal harga biasanya ada 3 macam, martabak telur biasa dengan harga Rp 6.000,00 sepesial Rp 15.000,00 dan martabak telur spesial + daging Rp 20.000,00.harga pada umumnya.agar supaya peluang usaha martabak telur Anda bisa bersaing dan menarik pelangan Anda bisa menjual di bawah harga tersebut.Anda masih memiliki untung.


Bahan Kulit Martabak :

100 gram tepung terigu
air matang secukupnya
2 sdm telur kocok lepas (diambil dari telur untuk adonan isi)
1 sdm minyak/margarine cair
garam secukupnya
Bahan Isi Martabak :
300 g daging giling
1 batang daun bawang iris, dicampurkan saat menumis daging giling
4 batang daun bawang iris
6 sdm bawang bombay iris
4 bawang putih, haluskan
1 sdt curry powder
6 butir telur
merica dan garam secukupnya.

Saus Martabak :
2 sdm kecap asin
1 sdt air asam jawa
garam & gula pasir secukupnya (sesuai selera)
1 sdm saus tomat
1 sdm sambal botol (bisa diganti irisan cabai rawit hijau)
irisan ketimun
2 sdm air matang
horizontal

Cara Membuat Kulit Martabak :

Campur tepung terigu dengan minyak/margarine cair, telur dan garam, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis.
Bagi adonan menjadi 2 bagian, bulatkan dan rendam dengan minyak goreng.
Diamkan selama 1-2 jam. Untuk 1 jam pertama adonan harus terendam semua dalam minyak goreng, untuk 1 jam berikutnya angkat adonan yang masih terlumuri dengan minyak tempatkan dalam wadah/mangkok, dan tutup dengan kain/serbet.

martabak telur


Cara Membuat Isi Martabak :

Tumis bawang bombay, bawang putih, hingga harum, masukkan daging giling, curry powder,merica, irisan dari 1 batang daun bawang dan garam.
Aduk-aduk hingga daging matang dan air yang keluar dari daging giling menyusut. Angkat. Sisihkan, bagi menjadi 2 bagian.
Kocok 4 butir telur (sebelumnya sudah diambil 2 sdm untuk campuran bikin adonan kulit), buat orak-arik setengah matang. Sisihkan., bagi menjadi 2 bagian.
Cara Membuat Saus Martabak :
Campur semua bahan kuah menjadi satu.

Penyelesaian :

Ambil 1 bagian adonan kulit, pipihkan dengan telapak tangan bawah jempol arah melingkar sehingga agak melebar. Pegang kedua ujung adonan, putar dari sisi kiri kekanan kembali ditempat semula berulang-ulang sehingga adonan menjadi tipis (bisa juga dengan digilas-gilas).

Ambil mangkok, isi dengan 1 buah telur kocok, daging giling,orak-arik telur, irisan 2 batang daun bawang,garam, merica. Aduk-aduk. Untuk adonan kulit yang kedua, kerjakan cara yang sama dengan adonan kulit yg pertama, begitu juga untuk isinya.
Panaskan minyak di wajan ceper yang agak besar, masukkan adonan kulit yang sudah ditipiskan. Isi bagian tengahnya dengan adonan dalam mangkok tadi, lipat bagian pinggir kulit kearah tengah, hingga tertutup rapat, goreng sampai matang. Angkat. Sajikan selagi panas/hangat dengan kuahnya.

Resep untuk : 2 buah martabak Telur Spesial (6 iris/buah)
Keuntung usaha martabak terlur
Dalam memulai usaha modal awal tidak besar.
Semua orang sudah mengenal makanan yang satu ini.bahkan menjadi makanan paforit.
Sewa tempat murah bahkan mungkin tidak menyewa.
Keuntungan bisa 100% dari modal
Kelemahan usaha martabak telur
Banyak persaingan
Makanan siap saji resiko bila tidak samapai laku.
Bila mengunakan tenaga kerja, upah yang diberikan tidak banyak.

Modal awal
Gerobak Rp 2.000.000,.
Peralatan masak (Loyang, kompor gas dll.) Rp 1.800.000,.
Mixer, Baskom, sendok dll Rp 500.000,.
Bahan baku awal Rp 500.000,.
Perlengkapan berdagang Rp 200.000,.+

Jumlah Rp 5.000.000,.
Biaya operasional / bulan
Pembelian bahan baku
(Rp 155.000,00 x 30 hari) Rp 4.650.000,00
Gas elpiji 3kg (Rp 13.500,. x 10 ) Rp 135.000,00
Gaji karyawan 1 orang Rp 400.000,00
Lain-lain Rp 100.000,00

Jumlah Rp 5.285.000,00
Pemasukan
Omset / bulan
(25porsi/hari x Rp 12.000,00) x 30 hari Rp 9.000.000,00
Laba bersih / bulan
(Rp 9.000.000,00 – Rp 5.285.000,00 ) Rp 3.715.000,00
BEP
(Rp 5.000.000,. : 3.715.000,.) = < 2 bulan

10 komentar:

Ria Nugroho mengatakan...

wah lumayan jg omsetnya
tp ak belum ahli itu bikin kulit martabaknya takut sobek hehe

Angga Kuswara mengatakan...

yang penting usaha dulu kali gan,,, heheheh... seeemaaanggaaatttt

Abd Labib mengatakan...

lumayan tuh.
q masih SMK bisa ga yah mulai usaha?
kalo makanannya martabak enaknya jualan minumannya apa yoo?

Angga Kuswara mengatakan...

minumnya es kuwud gan... ane suka itu... hahaha... sallaaamm super...

alwi mengatakan...

komentar blognya, kok link yang drop down gak pada jalan?
brlom di link ya??

Rinie Kartika mengatakan...

waw',, lumayan nich',,,,,,,,,,,,,,,,,

dea alan maulana putra mengatakan...

wow...
kaya na enk thuuuuu...

RAMLI SHOMAD mengatakan...

waw................

Dash Yonkuro mengatakan...

Pengen juga usaha kayak gini...

Easy Accountnig System ( EAS ) mengatakan...

Kredit Tanpa Agunan/KTA BANK DBS JAKARTA - Cocok Untuk Agan yang ingin Buka Usaha

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates