Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Minggu, 21 Agustus 2011

Peluang Usaha Menjelang Hari Raya

Setiap manusia dilahirkan dalam kondisi akal dan pikiran yang sama. Tidak ada manusia yang cerdas. Pandai ataupun bodoh. Begitu pula dengan kreatifitas, tidak ada manusia yang terlahir memiliki kelebihan kreatif. Tapi semua menusia memiliki potensi untuk menjadi kreatif. Dengan anugrah yang begitu besar tersebut. Manusia mampu menangkap peluang-peluang usaha . contohnya peluang usaha menjelang Hari Raya.



Peluang usaha bisnis Menjelang Hari Raya atau bisa disebut bisnis musiman yang satu ini, kita memang bisa mendapatkan omzet yang cukup besar. Tetapi hal ini berlaku hanya pada jenis-jenis bisnis tertentu, tidak pada semua bisnis. Contoh bisnis yang bisa dipastikan akan laris di bulan puasa antara lain bisnis parsel, kue kering, infal, pakaian, laundry, penyewaan kendaraan, dan penitipan hewan peliharaan. Meski tergolong musiman, kebanyakan bisnis ini tetap bisa dijalankan setelah masanya usai. Kita bahkan bisa mengembangkan usaha-usaha itu menjadi bisnis tetap.

Berikut ini adalah keuntungan-keuntungan yang bisa didapat dengan berbisnis menjelang hari raya.

1. Pendapatan masyarakat lebih besar daripada biasanya. Ada sumber-sumber pemasukan tambahan, seperti THR atau bonus.

2. Ada kesan kusus yang harus dijalankan di bulan puasa dan mendekati hari raya lebaran misalnya, harus pulang kampung di hari Lebaran, atau mempunyai pakaian baru saat Idul Fitri.

Kebiasaan tersebut bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Perputaran uang di masyarakat berjalan dengan lebih cepat.

Namun bisnis musiman juga memiliki kekurangan yang harus diperhatikan secara saksama, yaitu jumlah pesaing yang banyak. Pesaing-pesaing ini juga berpikir bahwa semua orang ingin mengenakan pakaian baru di hari raya, semua orang butuh kue kering, semua orang ingin memberikan parsel saat Lebaran, dan sebagainya. Jadi, untuk bisa sukses berjualan, kita harus menyiapkan diri jauh-jauh hari sebelumnya. Kita tidak bisa menawarkan produk mendekati hari-H.

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates