Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Sabtu, 20 Agustus 2011

Proposal Usaha Resto

Proposal Usaha Resto adalah salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan jika didasari dengan cara kerja yang baik... Berikut adalah Proposal Usaha Resto...


PENDAHULUAN

A. Dasar Gagasan Membuka Bisnis
Vegetarian kini tampaknya menjadi kata yang semakin populer di dunia termasuk di Indonesia. Di kota-kota besar dunia, restoran vegetarian sudah menjadi pilihan yang cukup mudah dicari. Di Indonesia pun restoran-restoran vegetarian meski belum banyak, mulai bermunculan di kota-kota besar. Vegetarian juga merupakan salah satu pilihan menu yang ditawarkan oleh maskapai penerbangan internasional. Aliran vegetarian atau vegetarianisme merupakan suatu aliran dimana penganutnya tidak mengkonsumsi produk-produk hewani dan turunannya, hanya membatasi diri pada produk-produk nabati.



Sebagian orang beralih ke vegetarian karena alasan kesehatan, gaya hidup, tak biasa makan daging, atau latar belakang religi. Menjadi vegetarian tubuh terasa lebih sehat. tidak mudah capek, dan tidak mudah sakit. Karena alasan itulah maka kami ingin mendirikan suatu restoran yang menyajikan menu khusus vegetarian.
Restoran yang menyajikan makanan vegetarian masih jarang, terutama di Yogyakarta. Restoran yang khusus vegetarian juga langka. Tetapi, tidak ada yang spesifik menyajikan menu seperti layaknya masakan non-vegetarian.

B. Nama Dan Alamat
Restoran yang akan didirikan ini bernama ”VEGETARIAN RESTO”. Restoran ini berlokasi di salah satu ruko di jalan Solo km 7 Yogyakarta. Tempat ini dipilih karena letaknya strategis, merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta, akses mudah karena berada di jalan utama kota, serta belum adanya usaha serupa di sekitar tempat itu.

C. Bidang Usaha
Bidang usaha yang akan dijalankan bergerak dalam bidang pelayanan dan penjualan produk (makanan vegetarian).

D. Bentuk Perusahaan
Bentuk usaha adalah usaha perdagangan dengan pengembangan usaha pribadi (keluarga).
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN

A. Gambaran Umum Usaha
Restoran yang akan didirikan ini bernama ”VEGETARIAN RESTO”., yang akan menyediakan menu-menu khusus vegetarian baik itu makanan untuk vegan murni maupun lacto ovo vegan (setengah vegan) dan bermacam-macam jenis minuman. Lokasi dipilih karena letaknya strategis, merupakan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Yogyakarta, akses mudah karena berada di jalan utama kota, serta belum adanya usaha serupa di sekitar tempat itu.

B. Perizinan
No Jenis Perizinan Biaya (Rp)
1 Izin Prinsip (dari Instansi Teknis)
2 SITU (Surat Izin Tempat Usaha)
3 SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)
4 TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
5 NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
6 Akte Pendirian

C. Aspek Teknis Produksi / Operasi
Rencana pendiriannya sekitar bulan November 2008. untuk rencana perluasan kedepan dapat membuka cabang restoran vegetarian di berbagai tempat di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

D. Aspek Pemasaran
Mengingat semakin banyaknya penyakit yang disebabkan oleh makanan maka orang-orang mulai mencari makanan alternatif yang sehat seperti makanan vegetarian. Karena restauran yang menyajikan menu khusus vegetarian masih jarang maka melihat peluang ini ” VEGETARIAN RESTO” optimis akan bisa menguasai pangsa pasar restauran khususnya di Yogyakarta. Menu vegetarian ini tidak hanya ditujukan untuk orang dewasa namun juga tersedia menu vegetarian untuk anak-anak, dan remaja, sehingga sasaran pemasaran dari vegetarian resto ini cukup luas. Melihat begitu luasnya sasaran pemasaran maka vegetarian resto merencanakan penjualan produk untuk bulan pertama yaitu sebesar 100 porsi menu makanan dan 150 porsi menu minuman setiap harinya. Jika terjadi peningkatan penjualan maka pada bulan kedua dan selanjutnya porsi akan ditambah sesuai peningkatan jumlah konsumen.

E. Aspek Manajemen
Sesuai dengan namanya yaitu vegetarian resto yang bergerak dalam bidang pelayanan dan penjualan produk berupa menu vegetarian. Usaha ini merupakan usaha pribadi (keluarga) sehingga susunan organisasinya juga dari anggota keluarga yang tentu saja sesuai dengan kompetensi akademiknya dan harus profesional. Untuk karyawan, selain dari anggota keluarga juga membuka lamaran untuk orang luar.

F. Aspek Keuangan
Dana berasal dari modal pribadi pimpinan (pemilik). Apabila terjadi lonjakan permintaan/konsumen maka akan dicoba untuk menambah modal dari pinjaman bank.


BAB III
PROYEK YANG DIUSULKAN


A. Proyek yang Diusulkan
1. Sifat Investasi
Vegetarian resto menyewa ruko di jalan Solo Yogyakarta, kendaraan bersifat milik pribadi.
2. Jenis Produk
Untuk produk utama yaitu makanan dan minuman vegetarian, sedangkan untuk produk sampingan berupa layanan konsultasi makanan vegetarian.

B. Aspek Teknis

1.Sifat Proyek
Vegetarian resto mengutamakan pelayanan dan penjualan produk berupa makanan dan minuman vegetarian.

2.Jenis dan Jumlah Produk
Jenis produk ada dua yaitu dalam bentuk makanan dan minuman vegetarian. Jumlah menu makanan berkisar antara 20-30 macam menu dan 20-25 macam minuman.

3.Lokasi
Restoran ini berlokasi di salah satu ruko di jalan Solo km 7 Yogyakarta yang berada di jalan utama kota.

4.Bangunan
Bangunan permanen berupa ruko 1 lantai.

5.Mesin dan Peralatan
Vegetarian resto tidak menggunakan mesin ukuran besar. Peralatan listrik yang digunakan yaitu lemari es, blender, mixer, juicer, dan oven. Untuk peralatan lainya yaitu kompor gas, peralatan memasak (panci, penggorengan, sendok, pisau dan peralatan lainnya). Peralatan untuk menghidangkan yaitu piring, mangkok, gelas, sendok dan garpu, serat peralatan lainnya.

6.Layout Proses

7.Proses Produksi
Dalam proses produksi dikerjakan bersama, baik dari pengadaan alat, dan bahan mentah, persiapan, pemasakan sampai pendistribusian, dan pemasaran ke konsumen. Untuk pengadaan alat dan bahan mentah dengan cara pembelian langsung tanpa melalui rekanan.

Proses produksi makanan Vegetarian Resto adalah sebagai berikut :

a.Pemesanan bahan makanan kering dari rekanan dilakukan tiap 1 minggu, dan bahan makanan segar dibeli langsung di pasar setiap pagi hari.

b.Penerimaan bahan makanan mentah dan pemeriksaan bahan makanan sesuai pesanan.

c.Penyimpanan bahan makanan kering, sedang bahan makanan segar langsung di persiapkan untuk diolah.

d.Bahan makanan mentah diolah sesuai dengan permintaan menu yang diminta oleh konsumen.

e.Pendistribusi makanan.

Cara pembuatan :
8.Kapasitas Produksi
Jumlah produksi makanan disesuaikan dengan permintaan pasar. Bila permintaan pasar meningkat maka jumlah produksi makanan juga meningkat, dan begitu juga sebaliknya.

9.Bahan baku dan Penolong

Bahan Baku
Bahan baku berupa sayur dan bahan makanan berbahan kedelai seperti tahu dan tempe, bila diolah dengan benar dengan bumbu yang pas, bisa tampil menjadi masakan yang lezat. Di Vegetarian Resto, konsumen bisa menyantap masakan bebek peking, sate, salmon tim, dll yang terbuat dari bahan baku protena. Bahan baku protena ini terbuat dari kedelai dan gluten. Bahan baku dimaksud, bisa diolah dan diracik menjadi hidangan seperti aslinya. Bebek peking, sate dan salmon di restoran tersebut, bumbu-bumbunya seperti masakan aslinya. Hanya saja, bila dikaji lebih dalam, saat mengunyahnya, Anda akan menemukan sensasi rasa kedelai. Karena memang masakan itu terbuat dari kedelai. Namun, Anda tak perlu kecewa, kendati menu-menu itu terbuat dari kedelai, tetapi cukup untuk memuaskan keinginan Anda. Sajian lain yang bisa disantap di Vegetarian Resto antara lain, sapo tahu, buncis jamur dan kailan cah protena (mirip seperti kailan cah sapi). Dengan racikan bumbu seperti masakan aslinya, maka bahan-bahan protena itu pun, mewakili rasa masakan aslinya.

10.Tenaga kerja
Tenaga yang direkrut berjumlah 11 orang dengan jumlah pendidikan/kualifikasi dan uraian tugas sebagai berikut :

a.Pimpinan Manager
•Pemilik sekaligus pimpinan 1 orang
•Kualifikasi S1 Gizi Kesehatan (Ahli Gizi)
•bertanggung jawab teradap jalannya usaha
•koordinasi, pengawas, dan mengarahkan seluruh kegiatan
•pengambil keputusan
•sebagai quality control

b.Administrasi / Keuangan

-sebagai manajemen pembukuan/akuntansi sebanyak 2 orang (1 orang sebagai kasir dan 1 orang sebagai penanggung jawab pembukuan)
-kualifikasi D3 Ekonomi Akuntansi
-Melaksanakan kegiatan keuangan dan administrasi
-melaksanakan kasir/transaksi keuangan
-membuat laporan keuangan harian, mingguan, bulanan, triwulan, tahunan
-melaporkan dan bertanggung jawab terhadap sistem keuangan

c. Ahli Gizi

i. -Kualifikasi S1 Gizi kesehatan (Ahli Gizi) 1 orang

ii. -bersama-sama manajer membantu manajer menyusun perencanaan makanan
vegetarian mulai dari perhitungan nilai gizi makanan dan menu-menu yang disediakan

iii. -membantu manager dalam pengawasan dan evaluasi mutu makanan yang dihidangkan

iv. -menerima complain dari konsumen / klien dan bersama-sama dengan manager menyelesaikan komplain klien/konsumen

d.Tenaga pengolah

i. -kualifikasi D3 boga/perhotelan yang berpengalaman 3 orang

ii. -bertanggung jawab terhadap persiapan dan pengolahan makanan

iii. -bertanggung jawab pada cita rasa menu

iv. -Bertanggung jawab terhadap makanan yang dipesan konsumen

b.5 Tenaga pelayan / penyaji

i. -Kualifikasi SMA/SMKK 4 orang

ii. -bertanggung jawab terhadap pesanan klien

iii. -menyajikan makanan sesuai pesanan

iv. -melayani dengan ramah, menanggapi complain dengan ramah dan senyum

e.Tenaga Saniter /Kebersihan

i. -kualifikasi SMP/SMA 1 orang

ii. -bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian ruangan dan dapur



C.Aspek Pemasaran
1.Peluang Pasar
Peluang pasar untuk restoran yang mengenalkan menu vegetarian cukup baik karena di Indonesia jumlah vegetarian lumayan banyak dan cenderung bertambah meskipun belum ada angka pastinya. Dari segi bisnis, kecenderungan bermunculannya vegetarian tersebut, tentu saja membuka peluang baru, antara lain untuk membuka restoran yang menyediakan menu khusus buat mereka. Lagipula, potensi pasar makanan kaum vegetarian belum banyak digarap orang. Orang-orang juga semakin mengerti pentingnya memperhatikan pola makan sehingga pasarnya bertambah luas asal standar harga tidak terlalu tinggi.

2.Daerah Pemasaran (Market Segmenting)
Vegetarian Resto mempunyai skala pemasaran sampai seluruh wilayah Yogyakarta, dan nantinya akan diperluas sampai ke wilayah Jawa Tengah.

3.Pasar Sasaran (Market Targeting)
Menu vegetarian ini tidak hanya ditujukan untuk orang dewasa namun juga tersedia menu vegetarian untuk anak-anak, dan remaja, sehingga sasaran pemasaran dari vegetarian resto ini cukup luas.

4.Volume dan Harga Penjualan
Jumlah menu makanan yang ditargetkan untuk dijual dalam sehari yaitu sekitar 50 – 75 porsi untuk menu satuan, 25 – 50 porsi untuk menu paket, dan minuman yaitu 100 – 150 porsi. Harga yang di tawarkan relatif murah, yaitu untuk makanan mulai dari Rp. 7.000 - Rp. 15.000 per porsi sangat tidak memberatkan kantong anda, namun kelezatan dan kenikmatan dari suguhan makanan khas kaum vegetarian ini patut di acungi jempol.


5.Masa Hidup Produk
Karena produk yang kami tawarkan berupa makanan dan minuman, maka batas kadaluarsanya pun sangat singkat. Untuk makanan dan minuman, batas kadaluarsanya adalah sampai 2 hari (itu pun kalau makanan dan minuman tersebut disimpan di dalam kulkas).

6.Struktur Pasar
Pemasaran yang dilakukan oleh Restoran vegetarian ini yaitu secara langsung, dimana konsumen atau pelanggan langsung datang ke restoran.

7.Persaingan dan strategi
Persaingan

Karena di daerah Yogyakarta masih jarang terdapat restoran yang menjual makanan khusus kaum vegetarian, maka peluang Vegetarian Resto untuk menjangkau konsumen masih terbuka cukup luas.

Strategi

Strategi yang dilakukan diantaranya yaitu :
Promosi dengan membuat brosur-brosur yang disebarkan di tempat-tempat umum, seperti : pusat perbelanjaan, jalan raya, dan lain-lain.
Promosi juga dilakukan dengan pemasangan iklan media cetak dan elektronik, pemasangan spanduk dan papan nama di depan restoran serta pemberian diskon pada launching perdana sebesar 10%.

8. Ukuran Pasar dan Pertumbuhannya
Sebagai permulaan awal, Vegetarian Resto menjangkau sasaran yang berada di wilayah Yogyakarta saja. Selanjutnya, untuk pengembangan kami akan memperluas daerah pemasaran hingga mencapai Pulau Jawa.

9. Pangsa Pasar
Pangsa pasar yang kami bidik bukan hanya kaum vegetarian, melainkan juga masyarakat umum yang ingin mencoba dan mencicipi makanan dan minuman yang berbau vegetarian.

10. Gross Profit Margin

D. Aspek Manajemen

1. Kepemilikan
Restoran ini didirikan oleh 5 (lima) orang yang mempunyai visi dan misi yang sama yaitu ingin membangun suatu bisnis makanan yang menyediakan menu khusus untuk kaum vegetarian. Lima orang ini menaruh saham yang sama yaitu sebesar 20% untuk masing-masing orang. Akan tetapi, dari 5 orang ditunjuk 1 orang untuk menjadi pemimpin (leader) untuk memimpin restoran ini.




2. Struktur Organisasi






3. Tim Manajemen

4. Tenaga Kerja/karyawan
E. Aspek Keuangan
1. Kebutuhan Dana
Untuk modal investasi awal memulai usaha ini diperlukan biaya sebesar Rp 53.410.000, 00, yang diperoleh dari patungan keluarga.

Kebutuhan Modal Investasi Usaha
“Restoran Vegetarian”
A. Sewa Gedung

Uraian
Total (Rp)
Sewa Gedung/ tahun
20.000.000,00
Total
20.000.000,00

B. Inventaris Alat

1. ATK (Alat Tulis Kantor) dan Furniture
Nama Barang
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Total (Rp)
Mesin hitung
Kertas
Pulpen
Meja untuk 4 orang
Meja untuk 6 orang
Kursi
Telepon
Meja Bartender
Kursi Bartender
Lampu hias
Wastafel
1 set
1 rim
1 kotak
14 set
4 set
2bh
1 bh
1 set
6 bh
18 bh
2 unit
2.000.000
30.000
10.000
1.000.000
1.200.000
350.000
1.000.000
1.750.000
40.000
50.000
800.000
2.000.000
30.000
10.000
14.000.000
4.800.000
700.000
1.000.000
1.750.000
240.000
900.000
1.600.000
Jumlah
Rp. 27.030.000
    

2. Peralatan Restoran

Nama Barang
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Total (Rp)
Kompor gas
Oven gas
Blender
Juicer
Mixer otomatis
Lemari es besar
Waskom alumunium
Wajan alumunium
Panci Teflon
Sodet kayu
Rak alumunium
Celemek
Seragam
Serbet (kain)
Alat Panggang
Piring makan
Mangkok sup
Gelas jus
Glas minum
Sendok makan
garpu makan
Sendok sayur
Sendok nasi
Sendok  jepit
Pisau hidang
Piring hidang
Nampan
Sendok jus
Perlengkapan pel
Sapu lantai
2 set
2 bh
2set
2set
3 bh
1 bh
5 bh
6 buah
5 bh
10 bh
1 set
3 set
3 set
10 bh
2 buah
5 lusin
2 lusin
4 lusin
5 lusin
6 lusin
6 lusin
1 lusin
1 lusin 
6 buah
3 lusin
5 lusin
1 lusin
4 lusin
1 set
10 buah
1.000.000
1.200.000
300.000
600.000
350.000
2.400.000
125.000
80.000
120.000
5.000
1.750.000
65.000
70.000
3.000
60.000
200.000
150.000
75.000
60.000
25.000
25.000
50.000
40.000
15.000
50.000
150.000
150.000
20.000
20.000
15.000
2.000.000
2.400.000
600.000
1.200.000
1.050.000
2.400.000
625.000
480.000
600.000
50.000
1.750.000
195.000
210.000
30.000
120.000
1.000.000
300.000
300.000
300.000
150.000
150.000
50.000
40.000
90.000
150.000
750.000
150.000
80.000
20.000
150.000
Jumlah
Rp 17.390.000
    
     Total kebutuhan modal : Rp. 27.030.000 + Rp 17.390.000 +Rp 20.000.000
                                            = Rp 64.420.000


1. Sumber Dana
Dana didapatkan dari tabungan keluarga

2. Prediksi Pendapatan
Proyeksi Penerimaan Tahun Pertama

Hari Biasa (senin-jumat) Weekend (Sabtu & Minggu)
Menu
porsi/hr
hr
pkn
∑porsi/th
porsi/hr
hr
pkn
∑porsi/th
Total
1.  1.  Menu paket
·      Nasi timbel komplit
·      Nasi uduk empal goreng
·      Nasi bakar
·      Nasi rames komplit
·      Nasi ayam bakar bumbu rujak komplit

2.  2.  Menu satuan
·      Tempe bakar
·      Bistik tempe
·      Tahu isi
·      Opor tahu
·      Tempe bumbu kuning
·      Telur bakar
·      Otak-otak
·      Udang bakar madu
·      Bistik ayam
·      Udang saus Padang
·      Ikan asam pedas
·      Ikan saus mentega
·      Rendang
·      Bistik sapi lada hitam
·      Ayam kremes
·      Cap cay
·      Ayam cah jamur
·      Kailan cah sapi
·      Tauge cah ikan asin
·      Tumis buncis
·      Cah kangkung
·      Sup tahu
·      Sayur asem
·      Sup timlo
·      Sup kacang merah
·      Nasi putih

3.  Aneka minuman dan jus
·            Teh manis hangat
·            Es teh manis
·            Jeruk hangat
·            Es jeruk
·            Lemon tea
·            Milkshake banana
·            Milkshake strawberry
·            Jus mangga
·            Jus alpukat
·            Jus belimbing
·            Jus jambu biji
·            Jus semangka
·            Jus tomat
·            Lime squash
·            Orange squash
·            Ice cream chocolate
·            Banana split
·            Ice cream strawberry
·            Ice cream vanilla
·            Mocca ice cream

10
10

10
10
10




4
4
4
4
4

4
4
4

4
4

4
4

4
4

4
4
4
4
4

4
4
4
4
4
4
35


8
8
8
8
8
8
8
8
8
8
7
7
7
7
7
7
7
7
7
7

5
5

5
5
5




5
5
5
5
5

5
5

5
5
5
5
5
5
5
5
5

5
5
5
5
5

5
5
5
5
5
5
5


5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5
5


48
48

48
48
48




48
48
48
48
48

48
48

48
48
48
48
48
48
48
48
48

48
48
48
48
48

48
48
48
48
48
48
48


48
48
48
48
48
48
48
48
48
48
48
48
48
48
48
48
48
48
48
48

2400
2400
2400
2400
2400





960






























8400


1920









1680

15
15
15
15
15





6






























40


11









9







2









2






























2


2









2


48









48






























48

1440









576






























3840


1056









864

3840









1536






























12240


2976









2544

Dengan harga jual sebagai berikut.
Menu
Harga (Rp)
Porsi/tahun
Harga/ tahun (Rp)
4.  Menu paket
·      Nasi timbel komplit
·      Nasi uduk empal goreng
·      Nasi bakar
·      Nasi rames komplit
·      Nasi ayam bakar bumbu rujak komplit

5.  2.  Menu satuan
·      Tempe bakar
·      Bistik tempe
·      Tahu isi
·      Opor tahu
·      Tempe bumbu kuning
·      Telur bakar
·      Otak-otak
·      Udang mayonnaise
·      Bistik ayam
·      Udang saus Padang
·      Ikan asam pedas
·      Ikan saus mentega
·      Rendang
·      Bistik sapi lada hitam
·      Ayam kremes
·      Cap cay
·      Ayam cah jamur
·      Kailan cah sapi
·      Tauge cah ikan asin
·      Tumis buncis
·      Cah kangkung
·      Sup tahu
·      Sayur asem
·      Sup timlo
·      Sup kacang merah
·      Nasi putih

6.  3. Aneka minuman dan jus
·            Teh manis hangat
·            Es teh manis
·            Jeruk hangat
·            Es jeruk
·            Lemon tea
·            Milkshake banana
·            Milkshake strawberry
·            Jus mangga
·            Jus alpukat
·            Jus belimbing
·            Jus jambu biji
·            Jus semangka
·            Jus tomat
·            Lime squash
·            Orange squash
·            Ice cream chocolate
·            Banana split
·            Ice cream strawberry
·            Ice cream vanilla
Mocca ice cream

20.000
20.000

15.000
20.000
20.000



3.000
5.000
3.000
3.000
3.000
3.000
7.500
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000
10.000

7.500
10.000
10.000
7.500
5.000
5.000
7.500
5.000
7.500
7.500
2.000


2.000
2.000
2.000
2.000
3.000
7.500
7.500
5.000
7.500
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
5.000
7.500
10.000
7.500
7.500
7.500








3840
3840

3840
3840
3840



1536
1536
1536
1536
1536
1536
1536
1536
1536
1536
1536
1536














12240


2976









2544
           
76.800.000
76.800.000

57.600.000
76.800.000
76.800.000



4.608.000
7.680.000
4.608.000
4.608.000
4.608.000
4.608.000
11.520.000
15.360.000
15.360.000
15.360.000
15.360.000
15.360.000
15.360.000
15.360.000
15.360.000

11.520.000
15.360.000
15.360.000
11.520.000
7.680.000
7.680.000
11.520.000
7.680.000
11.520.000
11.520.000
24.480.000


5.952.000
5.952.000
5.952.000
5.952.000
8.928.000
22.320.000
22.320.000
14.880.000
22.320.000
14.880.000
12.720.000
12.720.000
12.720.000
12.720.000
12.720.000
19.080.000
25.440.000
19.080.000
19.080.000
19.080.000
Total cash In Flow (TCI)
969.576.000
                   
1.      Prediksi Biaya
BIAYA SEWA GEDUNG
Komponen
Harga/thn (Rp)
Sewa

20.000.000
Total cash out flow (TCO)
20.000.000


BIAYA BAHAN BAKU (MATERIAL)
Komponen
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Harga/pkn (Rp)
Harga/bln (Rp)
Harga/thn (Rp)
Beras
Tepung terigu
Tempe
Tahu
Telur
Udang
Ikan tenggiri
Ikan kakap
Ikan asin
Telur puyuh
Wortel
Sawi
Buncis
Kailan
Tauge
Brokoli
Kembang kol
Kangkung
Kacang panjang
Labu siam
Jamur kuping
Kacang merah
Jagung
Kacang tanah
Kentang
Selada
Ketimun
Tomat
Kelapa
Bumbu pelengkap
Teh
Jeruk
Lemon
Jeruk nipis
Pisang ambon
Strawberry
Mangga harum manis
Alpukat
Belimbing
Jambu biji
Semangka
Susu cair
Susu kental manis
Ice cream cokelat
Ice cream strawberry
Ice cream vanilla
Ice cream mocca
Gula pasir
Minyak goreng
20 kg
20 kg
4,5 kg
6 kg
0,5 kg
4 kg
1 kg
1,5 kg
0,5 kg
0,5 kg
1 kg
0,25 kg
1 kg
1 kg
0,25 kg
0,25 kg
0,25 kg
1 kg
0,5 kg
0,5 kg
0,25 kg
0,5 kg
1 kg
0,25 kg
0,5 kg
0,5 kg
1 kg
0,5 kg
2 butir
1 kg
1 kotak
2 kg
1 kg
1 kg
3 sisir
0,5 kg
2 kg

2 kg
1 kg
2 kg
2 kg
2 liter
1 kaleng
9 cup
9 cup

9 cup
9 cup
5 kg
5 liter
7.000
10.800
6.000
5.000
12.000
30.000
33.000
12.000
8.000
14.000
5.000
2.500
8.000
5.000
2.000
30.000
3.000
3.000
8.000
1.000
4.000
20.000
6.500
15.000
6.000
1.500
4.500
4.500
3.000
100.000
2.900
10.000
8.000
9.000
10.000
15.000
5.000

8.500
7.500
8.000
4.500
11.000
5.000
2.700
2.700

2.700
2.700
6.000
12.500
980.000
1.512.000
189.000
210.000
42.000
48.000
231.000
126.000
28.000
49.000
35.000
4.400
56.000
35.000
3.500
52.500
5.500
21.000
28.000
3.500
7.000
70.000
45.500
26.500
21.000
5.500
31.500
16.000
42.000
700.000
20.300
140.000
56.000
63.000
210.000
52.500
70.000

112.000
52.500
112.000
63.000
154.000
35.000
170.100
170.100

170.100
170.100
210.000
437.500
3.920.000
6.048.000
756.000
840.000
168.000
192.000
924.000
504.000
112.000
196.000
140.000
17.600
224.000
140.000
14.000
210.000
22.000
48.000
112.000
14.000
28.000
280.000
182.000
106.000
84.000
22.000
126.000
64.000
168.000
2.800.000
81.200
560.000
224.000
252.000
840.000
210.000
280.000

448.000
210.000
448.000
252.000
616.000
140.000
680.400
680.400

680.400
680.400
840.000
1.750.000
47.040.000
72.576.000
9.072.000
10.800.000
2.016.000
2.304.000
11.088.000
6.048.000
1.344.000
2.352.000
1.680.000
211.200
2.688.000
1.680.000
168.000
2.520.000
264.000
1.008.000
1.344.000
168.000
336.000
3.360.000
2.184.000
1.272.000
1.008.000
264.000
1.512.000
768.000
2.016.000
33.600.000
974.400
6.270.000
2.688.000
3.024.000
10.080.000
2.520.000
3.360.000

5.376.000
2.520.000
5.376.000
3.024.000
7.392.000
1.680.000
8.164.800
8.164.800

8.164.800
8.164.800
10.080.000
21.000.000
Total cash out flow (TCO)
340.714.800








BIAYA OPERASIONAL (GAJI STAFF/ KARYAWAN)

Komponen
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Harga/pkn (Rp)
Harga/bln (Rp)
Harga/thn (Rp)
Promosi
Gaji administrasi
Gaji ahli gizi
Gaji juru masak
Gaji pelayan
Gaji tenaga saniter
Gas
6 kali
2 orang
3 orang
3 orang
4 orang
1 orang
2 tabung
500.000
1.000.000
1.500.000
1.000.000
800.000
500.000
60.000
-
-
-
             -
-
-
       120.000
-
2.000.000
4.500.000
3.000.000
3.200.000
500.000
480.000
3.000.000
24.000.000
54.000.000
36.000.000
38.000.000
6.000.000
5.760.000
Total cash out flow (TCO)
166.760.000

BIAYA PENYUSUTAN INVENTARIS PERALATAN
10 % dari Total biaya peralatan = Rp. 4.442.000

Total prediksi biaya = biaya sewa gedung + biaya bahan baku (material) + biaya operasional (gaji staff/ karyawan) + biaya penyusutan inventaris peralatan
= Rp 20.000.000 + Rp 340.714.800 + Rp 166.760.000 + Rp 4.442.000
= Rp. 531.916.800

4. Perhitungan Laba Rugi pertahun.
Keuntungan = Pendapatan – Biaya Pengeluaran
= Rp 969.576.000 – Rp. 531.916.800
= Rp. 437.659.200
Keuntungan per bulan = Rp. 437.659.200 / 12 = Rp. 36.471.600,00

Rumus BEP = BTT
=
H - BVR
5. Kriteria Investasi



BAB IV
KESIMPULAN


Dalam kehidupan sehari – hari pada umumnya orang sangat membutuhkan yang namanya energi untuk bisa melakukan segala macam aktivitas. Untuk itu agar tubuh kita memperoleh energi untuk beraktivitas, maka tubuh kita memerlukan zat karbohidrat. Oleh karena itu, untuk mendapatkan karbohidrat salah satunya dengan mengkonsumsi makanan – makanan yang bergizi. Untuk mendapatkan makanan – makanan yang bergizi, kita bisa memasaknya sendiri. Oleh karena itu, kebanyakkan orang mencari makanan- makanan instant atau yang tersedia di Resataurant – Restaurant.
Biasanya Restaurant – resataurant yang ada di Jakarta kebanyakkan dijumpai oleh kaum penjajah makanan yaitu menyatu dengan hotel –hotel. Alasannya kenapa Restaurant – Restaurant menyatu dengan hotel – hotel, dikarenakan market potensialnya kebanyakkan dari pengunjung hotel tersebut. Namun dengan berjalannya waktu, Restaurant – restaurant bermunculan dengan tidak menyatu atau join dengan hotel – hotel, misalnya saja seperti Millenium International Executive Restaurant yang terletak dijalan Gajah mada, dan Hailai Restaurant yang terletak dikawasan Ancol. Dengan seiringnya waktu pula para Owner – Owner Restaurant – Restaurant di Jakarta siap bersaing
Dalam persaingan tersebut para Owner saling menonjolkan keunikkan dari Restaurantnya. Keunikkan yang ditonjolkan, misalnya saja dari dekorasi ruangan, menu – menu yang disajikan, pelayanan / service, dan lain – lain. Namun kebanyakkan dari Restaurant – Restaurant yang ada hanya menonjolkan satu keunikkan dari salah satunya saja. Sehingga para customer / pengunjung kurang merasakan kapuasannya. Bahkan para pengunjung harus membayar mahal untuk menikmatinya.
Untuk itu demi memenuhi tuntutan para customer kami menawarkan solusinya.
Konsep Restaurant yang ingin kami rancang yaitu Restaurant
yang bernama International Executive Restaurant yaitu terbagi 2 bagian. Bagian 1 yaitu Restaurant utama, dimana
Restaurant ini berada dalam satu Ruangan besar. Di dalam ruangan ini terdapat meja makan berbentuk lingkaran yang dapat diisi oleh 5 – 6 orang, dan dalam Restaurant utama ini terdapat 40 – 50 Meja. Masih dala satu ruangan tepat didepan meja – meja makan terdapat panggung besar. Di panggung ini bisa digunakan untuk menampilkan tarian – tarian, nyanyian, dan lain – lain.
Di dalam ruangan ini terdapat meja makan berbentuk lingkaran yang dapat diisi oleh 5 – 6 orang, dan dalam Restaurant utama ini terdapat 40 – 50 Meja. Masih dala satu ruangan tepat didepan meja – meja makan terdapat panggung besar. Di panggung ini bisa digunakan untuk menampilkan tarian – tarian, nyanyian, dan lain – lain. Jadi pada saat para pengunjung menikmati hidangan, bisa sambil menikmati hiburan yang tersedia. Untuk bagian 2 yaitu Privat Room Restaurant,dimana
ruangan ini berada diluar dari Restaurant utama.
Suasana yang ditonjolkan yaitu suasana alam, dimana para pengunjung bisa menikmati taman buatan yang indah dan sejuk. Diruangan Privat Room Restaurant ini para pengunjung berada diruangan yang tertutup, tetapi masih bisa menikmati pemandangan dari dalam ruangan tersebut. Ruangan ini sangat cocok bagi kawula muda yang membutuhkan suasana Romantis. Untuk lokasi yang akan digunakan yaitu daerah kawasan Kemang Raya. Alasan pengambilan lokasi ini, dikarenakan lokasi ini sangat berpotensial. Selain itu pula dikawasan ini sangat Strategis untuk didirikan Restaurant semacam ini, dan kawasan ini pula ajang dimana para pengunjung nongkrong – nongkrong dan berkumpulnya para penjajah makanan.
Di tempat ini lokasi yang sangat menantang, karena harus siap bersaing untuk mendapatkan para customer / pengunjung .
Tujuan
? Untuk memenuhi tuntutan pasar consumen.
? Untuk memberikan kepuasan yang lebih baik kepda consumen.
? Untuk menghadirkan suasana yang beda dengan Restaurant- Restaurant lainnya.
? Untuk mengetahui ekonomi consumen.
? Untuk mengetahui selera para consumen.
? Untuk mengukur kecendrungan akan kebutuhan para consumen.
Lokasi
• Lokasi yang akan dipilih untuk Restaurant yang akan dibangun yaitu Lokasi di daerah Keman Raya. Karena Lokasi ini memiliki market potensial yang besar dan daerah / kawasannya sangat Strategis
Executive Agency
• Dalam mendirikan usaha ini adapun para Executive Agency–nya yaitu :
1. Eik pirmansyah sebagai F & B Manager
2. Ryanti Mellioni sebagai Restaurant Manager
3. Cory Handayani sebagai Assistant Restaurant Manager
BAB II
ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
2.1. Analisis Permintaan dan Pemasaran Serta Proyeksi
Dari data yang kami dapat dan Survey pada pasar yang sama Oriental Food adalah persentase terbesar yang menjadi favorit para penjajah makanan Jakarta. Ada banyak alasan yang menjadi Key Factor why they like it ( oriental food ), misalnya taste mereka bilang tastenya tidak jauh beda dengan makanan Indonesia, berasal dari tumbuhan yang segar – segar dan ada yang bilang iseng saja mencoba dan akhirnya malah addict. Oleh karena itu kami juga mempunyai menu oriental food yang nantinya akan ditemani oleh western Food dan pasti banget sang tuan rumah ( Indonesia Food ). 3 Menu diatas, kami satukan at one Restaurant. Hal ini mengingat pasar potensial adalah para profesional, eksekutif, family, remaja, dan client saat office hours dan after office hours.
Suasana makanan juga akan berganti dengan pertunjukan yang live dari our stage yang pastinya akan berganti setiap harinya dan special pada moment tertentu. Dekorasi ruangan yang terpusat pada kenyamanan customer menjadisalah satu Prioritas kami. Semua ini bertujuan demi kemudahan customer dalam mendapatkan apa saja yang ia inginkansaat berada di Restaurant kami.
Dekorasi ruangan yang Glamour dan bernuansakan oriental yang menjadi pilihan kami untuk ruangan utama yang dapat langsung menikmati live performance dengan pengisian acaranya yang meriah. Dekorasi yang simple and nature tapi tetap menghadirkan nuansa oriental dengan sedikit kesan out door dikhususkan bagi ruang Privat. Kami menempatkan minimal 1 waiterss untuk 1 meja dan Privat Room yang akan menjamu setiap customer. Pelayanan yang ramah dan tulus akan anda dapatkan dari pertama kali anda menginjakkan kaki di Restaurant kami. Pelayanan kami menggunakan teknologi komunikasi dan informasi yang handal dan pastinya up to date. Ini semua demi tercapainya customer comfortable
Proyeksi
Setelah dipaparkan dalam latar belakang bahwa manusia membutuhkan energi untuk melakukan aktivitas rutinnya. Kami yakin bahwa bisnis makanan yang akan kami jalankan ini akan tetap hidup dan menjadi one stop place untuk para penjajah makanan dan juga pecinta makanan Indonesia, oriental and western food dapat menyatu di Restaurant kami dipadukan dengan atmosfere nature yang kami terapkan sebagai dekorasi ruangan kami.
Restaurant kami buka mulai jam 10.00 WIB until 23.000 WIB untuk Week day, dan The Week end dari jam 10.00 WIB until 02.00 WIB In the morning. Range harga yang kami tawarkan per pack start dari Rp.10.000,- until Rp.85.00,- Each pack for food and drink. Untuk cemilan hidangan penutup dari Rp.10.000,- until Rp.12.500,- .
Data
Untuk melengkapi kelayakan dari badan usaha yang menjadi obyek feasibility study ini kami juga melakukan beberapa riset yang menghasilkan data-data yang diolah menjadi informasi yang sangat membantu dalam penyusunan paper feasibility study itu sendiri. Data–data tersebut sebagian diambil dari internet dan sebagian lagi dari data riset yang kami lakukan.
Untuk menentukan berapa jumlah pembeli potensial kami baik dalam keadaan sepi, sedang ataupun ramai kami mengambil datanya dari internet tepatnya dari Badan Pengkajian Statistik,.sumber informasi kami yang lainya dapat dilihat di halaman daftar pustaka.
Jumlah calon pelanggan potensial
Penduduk kota Jakarta (2006) sebanyak 8.389.443 juta jiwaEstimasi calon pembeli potensial dari ;
1. Executive di estimasikan sebanyak 40%x 8.389.443 = 3.355.777
2. Keluarga di estimasikan sebanyak 30%x 8.389.443 = 2.516.832
3. Pasangan di estimasikan sebanyak 15%x 8.389.443 = 1.257.967
4. Event di estimasikan sebanyak 10%x 8.389.443 = 8.389.44
5. Remaja di estimasikan sebanyak 5%x 8.389.443 = 4.194.72 8.388.992
Perkiraan rata-rata calon pembeli
Keadaan ramai 80% x 8.388.992 = 6.711.193
Keadaan sedang 55% x 8.388.992 = 4.613.945
BAB III
ASPEK MANAJEMEN
Indonesia Specialties
1. Ayam Panggang : Rp 36.000,-
( Half Srilled Chicken with Soya Sauce Served with Rice, Sambal, dan kerupuk )
2. Ayam Goreng Mentega : Rp 36.000,-
( Fried Chicken butter Sauce, buttered Fried Chicken Served with Rice, Sambal, dan Kerupuk )
3. Gurame Goreng : Rp 36.000,-
( Served with Rice, Lalapan, Sambal, dan Kerupuk,
Ayam Spicy Santed Chicken Wing Served With Rice ).
4. Ikan Mas goring : Rp 36.000,-
( Fried Golden Fish Served with Rice, Lalapan, Sambal dan Kerupuk).
5. Aneka Sate : Ayam, Sapi, Kambing, : Rp 31.000,-
Campur ( Served with Rice, Sambal, dan Kerupuk ).
6. Bakmi atau Bihun Goreng : Rp 30.000,-
( Served with Acar, Sambal ).
7. Soto Madura: Rp 15.000,-
( The Indonesia Clear Chicken Soup ).
8. Nasi Goreng Special : Rp. 27.000,-
( Served with Fried Chicken, Egg, and Seafood ).
Supper Favorites
1. Sup Buntut Goreng : Rp. 40.000,-
( Clear Fried Oxtail Soup Served with Rice ).
2. Grilled Spring Chicken : Rp. 43.000,-
( Ayam Muda Bakar dihidangkan dengan Kentang Goreng dan Sayuran ).
3. Mie Dhog – Dhog : Rp. 27.500,-
( Village Style Soup Noodle ).
4. Mie Goreng : Rp. 27.500,-
( Stir Fried Noodle Served with Acar dan Sambal ).
Chinese Food
1. Fu Young Hay : Rp. 25.000,-
( Three egg, Omellete, with Sweet Sour Sauce )
2. Chop Sue : Rp. 25.000,-
( Cap Cay Ca, Stir Fried Combination of Vegetable ).
3. Udang Kristal : Rp. 21.000,-
4. Pangsit Udang Mayonaise : Rp. 19.000,-
5. Spicy Chicken & Hot Noodle : Rp. 25.000,-
( Disajikan dengan Nasi dan Sayuran ).
6. Ayam Sauce Mentega : Rp. 25.000,-
( Disajikan dengan Nasi, Sayuran dan Tahu Jepang ).
7. Sirloin Steak: Rp. 30.000,-
( Disajikan dengan French Fries & Mix Vegetable ).
8. Tenderloin Steak : Rp. 30.000,-
( Disajikan dengan French Fries & Mix Vegetable ).
9. Combo Tepanyaki : Rp. 25.000,-
( Disajikan dengan nasi dan sayuran ).
10. Grilled Spicy Chicken : Rp. 25.000,-
( Disajikan dengan Nasi dan Sayuran ).
11. Steamboat Swet : Rp. 27.500,-
( Disajikan dengan Nasi, Sayuran, dan Tahu Jepang ).
12. Chicken Miso Ramen : Rp. 25.000,-
( Disajikan dengan telur dan sayuran ).
Western Food
1. Tenderloin Steak “ Chasseur “ : Rp. 36.000,-
( Daging Sapi local panggang dengan Saus Jamur ).
2. Imported Filled Mignon Maitre : Rp. 75.000,-
De Restaurant ( Steak Daging import dengan Saus mentega ).
3. Breaded Fried Of Beef : Rp. 38.000,-
4. Mixed Grilled : Rp. 36.000,-
5. Cacap A’la Meuni’ere : Rp. 27.500,-
( Ikan kakap goreng mentega ).
6. Chicken In The Basket : Rp. 30.000,-
( Ayam goreng panir dalam keranjang, dengan kentang goreng )
7. Spaghetti Bolognaise/Milannaise : Rp. 27.500,-
( Spaghetti dengan saus daging ala Italia )
8. Imported Beef Tenderloin Black : Rp. 85.500,-
Pepper Sauc ( Daging panggan import saus lada hitam, dihidangkan dengan kentang goreng )
9. Chopped Steak A’la Mayer : Rp. 40.000,-
( Daging cincang pasnggang saus jamur, dihidangkan dengan kentang dan sayuran )
Dessert
1. Tropical Fresh Fruit Sliced : Rp. 12.500,-
( Irisan buah segar : pepaya, nanas, melon, dan semangka)
2. Assorted Ice Cream : Rp. 11.500,-
( Es krim : vanilla, coklat, strawberry )
3. Pisang Goreng : Rp. 10.000,-
( Deep fried banana with vanilla sauce )
4. Cake Of The Day : Rp. 10.000,-
( Ask our captain for selection of cake as you like )
Beverages
1. Freshly Brewed Cofee Or Tea : Rp. 9.000,-
( Kopi atau the panas )
2. Hot Or Cold Chocolate Milk : Rp. 11.000,-
( susu coklat panas atau dingin )
3. Cappucino : Rp. 14.500,-
Drink List
Squashes Dan Juices
1. Orange Juice : Rp. 15.000,-
2. Tomato Juice : Rp. 15.000,-
3. Pineapple Juice : Rp. 15.000.-
4. Orange Squash : Rp. 12.500,-
5. Lemon Squash : Rp. 12.500,-
6. Fruit Punch : Rp. 12.500,-
B. Beers
1. Draught Beer : Rp. 22.000,-
2. Beer Small : Rp. 17.500,-
3. Beer Large : Rp. 25.000,-
4. Guineess Stout : Rp. 25.000,-
5. Carlsberg : Rp. 25.000,-
6. Sam Miguel : Rp. 25.000,-
Aperitifs
1. Red Or White Cinzano : Rp. 35.000,-
2. Dry Or Sweet Sherry : Rp. 35.000,-
3. Campari : Rp. 35.000,-
Hi Balls / Long Drinks
1. Gin Dan Tonic : Rp. 35.000,-
2. Scotch Dan Soda : Rp. 35.000,-
3. Rum Dan Coke : Rp. 35.000,-
4. Brandy Dan Ginger Ale : Rp. 35.000,-
5. Singapore Sling : Rp. 35.000,-
6. Planters Punch : Rp. 35.000,-
7. Tom Collins : Rp. 35.000,-
Premium Scoth
1. Chivas Regal : Rp. 60.000,-
2. J.W. Black Lable : Rp. 60.000,-
Cocktails Dan Wines
1. Martini Coktail : Rp. 35.000,-
2. Manhhattan : Rp. 35.000,-
3. Daiquiri : Rp. 35.000,-
4. Whisky Sour : Rp. 35.000,-
5. Monalisa : Rp. 35.000,-
6. Old Fashioned : Rp. 35.000,-
7. Brandy Alexander : Rp. 35.000,-
8. Glass Of Red Or White Wine : Rp. 35.000,-
Cognag Dan Liquers
1. Hennessy Martell : Rp. 42.000,-
2. Hennessy Martell V.S.O.P. : Rp. 60.000,-
3. Remy Martin V.S.O.P. : Rp. 60.000,-
4. Crème ( De Menthe ) : Rp. 60.000,-
5. Tia Maria : Rp. 35.000,-
6. Drambuie : Rp. 35.000,-
7. Benedictine ( DOM ) : Rp. 35.000,-
Soft Drink Dan Water
1. Green Sand : Rp. 12.500,-
2. Soda, Coke, 7-Up, Tonic : Rp. 12.500,-
3. Fanta, Sprite : Rp. 12.500,-
4. Aqua : Rp. 9.000,-
5. Krating Daeng : Rp. 12.500,-
Special Offer
1. Bir Pletok : Rp. 40.000,-
2. Jampang Special : Rp. 35.000,-
3. Irish Coffee, Royal Coffee : Rp. 30.000,-
4. Spanish Coffee, Mexicam Coffee : Rp. 30.000
BAB IV
ASPEK SUMBER DAYA ALAM
PROMOSI
Melalui Media Elektronik :
1. Televisi : - O’ Channel
- Jak TV
• Radio : - Chinese Radio
1. Pass FM : 1 X 1 Minggu = Rp 750.000 / 60 Detik
Profesional
Smart FM : 1 X 1 Minggu = Rp 650.000 / 60 Detik
- Family
Cakrawala FM : 1 X 1 Minggu = Rp 600.000 / 60 Detik
- Remaja
Prambors FM : 1 X 1 Minggu = Rp 700.000 / 60 Detik
Internet : - Yahoo. Com
Melalui Media Cetak :
Spanduk
– Lebar 90 cm X 3 m = Rp 120.000,-
– Harga Per Meter = Rp 40.000,-
Umbul – Umbul
– Panjang 3 m X 60 cm = Rp 120.000,-
Brosur
– 1 Rim ( 500 Lembar ) = Rp 115.000,-
– 4 Rim ( 2000 Lembar ) = Rp 460.000,-
Saluran Distribusi
Bagi para costumer yang tidak sempat datang ke Restaurant ini, Restaurant ini menyediakan pelayanan Delivery. Sehingga para costumer masih bisa menikmati hidangan makanan tanpa harus datang ke Restaurant langsung.
Dalam pelayanan Delivery ini, Restaurant menyediakan alat Transportasinya berupa Motor bila costumer memesan menu hidangan dalam partai kecil, dan Mobil bila costumer memesan menu hidangan dalam partai besar.
Alat Transportasi yang digunakan didesign secara khusus, agar makanan yang akan diantar tidak mengurangi rasa sehingga tetap fresh sampai ketempatketempat costumer. Dengan begitu costumer tidak merasa dikecewakan. Restaurant ini menjamin apabila hidangan / makanan saat sampai ke tempat costumer tidak fresh, maka pihak Restaurant akan memberikan potongan harga / discount dari setiap menu yang tidak fresh. Tetapi bila costumer meminta untuk ditukarkan dengan menu yang sama maka pihak Restaurant akan menukarkanya dengan menu yang sama.
Untuk menghindari kemungkinan seperti ini terjadi, pihak kami selalu mengecek akan kondisi kendaraan yang akan digunakan apabila tetap terjadi kesalahan dalam hal ini yang harus bertanggung jawab, yaitu orang yang bertugas dalam pengecekkan kondisi kendaraan tersebut. Tetapi apabila kesalahan dilakukan oleh orang yang bertugas mengantarkan makanan akibat kesalahannya sendiri, maka petugas / orang yang mengantar makanan tersebut yang harus bertanggung jawab akan kesalahan ini, untuk itu kedisiplinana dan kecermatan disini sangat diutamakan.
Dengan demikian saluran distribusi yang digunakan oleh Restaurant kami yaitu direct selling, dimana penjualan dilakukan secara langsung kepada customernya, tanpa menggunakan atau bekerja sama dengan pihak jasa lainnya.
Strategy Marketing
Konsep Restaurant yang dirancang memiliki dekorasi yang bernuansakan oriental. Sehingga para customer bisa merasakan suasana asia tanpa harus pergi jauh – jauh. Untuk itu agar para customer mengetahui apa saja yang Restaurant ini hadirkan, maka pihak Restaurant melakukan Strategi marketingnya seperti melalui media elektronik dan media cetak seperti televisi, radio, internet, dan spanduk. Untuk media televisi kami merekomendasikan Restaurant ini melalui televisi swasta, misalnya saja seperti distasiun televisi O’ Channel yang menghadirkan acara rekomendasi mengenai Restaurant – Restaurant. Untuk media radio kami bekerja sama dengan stasiun radio swasta, untuk menyiarkannya kepada publik. Media radio kami gunakan karena bagi yang tidak sempat menyaksikannya ditelevisi. Selain itu kami menggunakan spanduk dan brosur – brosur.
Konsep Restaurant yang dirancang memiliki dekorasi yang bernuansakan oriental. Sehingga para customer bisa merasakan suasana asia tanpa harus pergi jauh – jauh. Untuk itu agar para customer mengetahui apa saja yang Restaurant ini hadirkan, maka pihak Restaurant melakukan Strategi marketingnya seperti melalui media elektronik dan media cetak seperti televisi, radio, internet, dan spanduk. Untuk media televisi kami merekomendasikan Restaurant ini melalui televisi swasta, misalnya saja seperti distasiun televisi O’ Channel yang menghadirkan acara rekomendasi mengenai Restaurant – Restaurant. Untuk media radio kami bekerja sama dengan stasiun radio swasta, untuk menyiarkannya kepada publik. Media radio kami gunakan karena bagi yang tidak sempat menyaksikannya ditelevisi. Selain itu kami menggunakan spanduk dan brosur – brosur.
Keputusan Strategi
Langkah – langkah yang akan diambil dalam keputusan strategi yaitu :
– Memberikan harga promosi saat launching
– Memberikan costumer satisfaction good
– Menghadirkan suasana yang diharapkan para costumer
– Menghadiakan menu – menu yang variatif, agar costumer tidak bosan
– Mempromosikan product melalui media elektronik dan media cetak
Penilian Kelayakan
Setelah diteliti dan diamati berdasarkan aspek pasar dan pemasaran, maka dapat dinilai layak. Karena menurut penelitian akan permintaan dan penawaran akan product makanan, tidak akan pernah turun. Sebab makanan merupakan kebutuhan pokok yang tidak dapat dihilangkan, dan sampai kapan pun jenis usaha ini akan menjadi sasaran utama dari setiap zamannya.
BAB V
TEKNIK DAN TEKNOLOGI
Pemilihan Peralatan Dan Teknologi
Pemilihan Peralatan setiap restaurant pasti menggunakan peralatan untuk memasak serta peralatan pada waktu makan, secara mendetail mungkin peralatan itu tidak dapat disebutkan satu per satu tetapi pada intinya peralatan yang digunakan untuk peralatan didapur adalah kitchen set dan peralatan yang digunakan pada waktu makan salh satunya table set.
Untuk Teknologi yang digunakan yaitu :
- Untuk menganalisa keuangan restaurant, baik yang keluar maupun yang masuk restaurant kami menggunakan MYOB => zahir, akuntansi, dimana zahir akuntansi ini sangat mudah digunakan dan sangat diperlukan, karena pekerjaannya tidak perlu waktu lama dan tidak perlu khawatir kalau kurang memahami mengenai akuntansi.
- Untuk marketingnya restaurant kami menggunakan sistem CRM (Customer Relantionship Management), dimana para customer bila memberikan keluhan-keluhan dan pesanan akan secara langsung tercatat dikomputer.
Proses Produksi
Proses produksi yang restaurant kami lakukan, yaitu mengenal bahan baku makanannya. Untuk jenis bahan baku masakan Indonesia restaurant kami mendatangkan langsung dari hasil-hasil perkebunan yang berkualitas tinggi, sehingga para costumer bisa menikmati makanan dengan kualitas yang baik. Untuk jenis bahan baku yang berkualitas ini restaurant kami bekerjasama dengan pengusaha-pengusaha/ supplier perkebunan sayur-mayur. Untuk jenis bahan baku makanan Chinese restaurant kami bekerjasama dengan pengusaha-pengusaha dari Negara Cina, Jepang, dan lain-lainnya. Untuk bahan bakunya juga didatangkan langsung dari negara-negara tersebut. Begitu juga untuk western foodnya restaurant kami mendatangkan langsung dari negara-negara barat, misalnya saja untuk bahan baku daging-daginnya, kami memilih yang berkualitas tinggi/ terbaik. Jadi, para customer tidak perlu khawatir akan kualitas makanannya yang terbuat dari daging import.
Lokasi
Sering kita dengar salah satu faktor kegagalan suatu badan usaha dikarenakan salah penempatatan /salah memilih lokasi badan usaha tersebut . untuk industri yang bergerak dalam bidang jasa, hal ini harus benar – benar dipertimbangakn dengan baik karena badan usaha ini termasuk kedalam badan usaha yang letaknya dipengaruhi oleh factor – factor ekonomi. Dalam hal ini International Executive Restaurant dipengaruhi oleh pasar (konsumen).
Berdasarkan hasil pengamatan kami dan juga tidak mau mengulang kesalahan dari para pendahulu, kami memutuskan untuk memilih lokasi kediaman restaurant kami di DKI Jakarta,yakni di daerah Jakarta selatan,tepatnya di kawasan kemang raya.
Adapun beberapa alasan mengapa kami memilih kemang raya. Seperti yang kita ketahui kawasan kemang sekarang ini dapat di katakan sebagai one stop place (like the supermarket) disini kita bisa mendapatkan apa yang kita inginkan mulai dari restauran,hotel,gallery,mall,health center and office tower. Melihat berbagai macam mobilitas yang terjadi di kawasan ini kami merasa telah menjatuhkan pilihan di tempat yang benar, meskipun harus bersing dengan para competitor di kawasan yang sama pada khushusnya dan competitor yang akan bermunculan pada umumnya. Kami sangat yakin bahwa usaha yang telah kami pilih ini dapat menghadapi masalah – masalah yang ada di bisnis restaurant itu sendiri, lagipula siapa bilang pesaing adalah musuh abadimu,mereka adalah kreativitas yang tersimpan di alam bawah sadarmu mereka yag dapat menilai apakah bisnis yang kami jalankan ini layak atau tidak.
Penilaian Kelayakan
Penilaian kelayakan akan aspek produksi ( teknis dan teknologi ) yang kami telah lakukan, maka dalam proses ini kami menyatakan layak. Karena diaspek ini menyediakan kualitas bahan baku yang berkualitas terbaik, dan menyajikan masakan-masakan yang sesuai selera para customer. Dengan penyajian yang sangat memuaskan, sedangkan lokasi yang restaurant kami pilih sangatlah strategis dan sangat berpotensial.
BAB IV
MANAJEMEN DAN SUMBER DAYA MANUSIA
Job Analis Dan Deskripsi
1. F & B Manager
Bertugas bertanggung jawab kepada pimpinan Restaurant tentang kelancaran jalannya operasional F dan B secara kesuluruhan.
2. Asistant F & B Manager
Bertugas membantu F & B manager dalam menjalankan tugasnya sehari – hari.
3. Restaurant Manager
Bertugas bertanggung jawab kepada assistant F & B manager mengenai kelancaran jalannya operasional pada semua Restaurant secara keseluruhan.
4. Asistant Restaurant Manager
Bertugas membantu Restaurant manager dalam melaksanakan tugas sehari – hari, serta mengawasi kelancaran jalannya operasional pada semua restaurant.
5. Restaurant Head Waiter
Bertugas bertanggung jawab secara keseluruhan tentang kelancaran jalannya operasional disebuah restaurant.
6. Asistant Head waiter
Bertugas membantu Restaurant Head waiter dalam melaksanakan tugas sehari – hari, serta mengawasi jalannya operasional pada sebuah restaurant.
7. Restaurant Captain
Bertugas bertanggung jawab terhadap suatu Restaurant, serta melayani tamu dalam hal – hal tersebut.
8. Kitchen Chief
Bertugas bertanggung jawab secara keseluruhan tentang kelancaran jalannya operasional dibagian pengolahan makanan ( Food Product ), termasuk juga pengawasan terhadap Food Cost serta penyusunan menu.
9. Sous Chief
Bertugas sebagai pembantu dari Kitchen Chief dalam melaksanakan tugas sehari – hari pada Kitchen.
10. Chief Steward
Bertugas bertanggung jawab mengenai keseluruhan peralatan yang dipergunakan untuk proses operasional.
11. Catering Manager
Bertugas bertanggung jawab terhadap jalannya operasi dibagian catering yang menangani pesanan – pesanan yang datang, baik dari tamu yang datang ke Restaurant ataupun yang delivery service.
12. Waiter
Bertugas melayani segala permintaan dan kebutuhan yang diinginkan tamu
Bertugas menyajikan makanan dan minuman kepada tamu
Bertugas membersihkan meja makan, serta memasang kembali peralatan makan diatas meja makan ( Set – Up ) di Restaurant.

3 komentar:

Nila_Orchid mengatakan...

thx ats cntoH proposaLx...

Rinie Kartika mengatakan...

wah',,, lengkap bnget',,

jems mengatakan...

thankz bgt y ats proposal yg sngat mmbantu ini

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates