Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Jumat, 06 Mei 2011

Proposal usaha bisnis ban vulkanisir







PROPOSAL USAHA KECIL BISNIS BAN VULKANISIR

BAB I
A.    ASPEK UMUM DAN LEGALITAS
1.1 LATAR BELAKANG
Sebagai Negara berkembang, sektor usaha vulkanisir ban merupakan salah satu usaha yang pesat perkembanganya, seiring dengan banyaknya perusahaan-perusahaan dibidang transportasi. Maka usaha sector vulkanisir ban sangat menguntungkan.Krisis moneter juga merupakan salah satu dampak meningkatnya harga kebutuhan.salah satunya dibidang transportasi, harga ban baru yang makin melonjak.
CV. SINAR INDOBAN merupakan perusahaan jasa vulkanisir ban yang telah meraih pasar di kota-kota besar di pulau jawa seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Jogja, Dsb. Seiring dengan meningkatnya permintaan pelayanan jasa vulkanisir ban PT. SINAR INDOBAN.CV. SINAR INDOBAN memberikan pelayanan kepada para perusahaan-perusahan transportasi ke berbagai daerah di Indonesia, Atau bisa dikatakanCV. SINAR INDOBAN akan menyuplai ke daerah-daerah yang membutuhkan banyak ban. baik masih dalam taraf mentah. CV. SINAR INDOBAN juga akan mengekspor ke berbagai daerah yang banyak membutuhkan ban tapi sudah dalam taraf siap pakai.
1.2 KEPEMILIKAN PERUSAHAAN
1.2.1 Susunan Pengurus
Pengurus perusahaan terdiri dari penanam modal aktif dan pasif yang .Susunan pengurus perusahaan adalah sebagai berikut:
1.2.Komisaris utama. : ABDUL RAHMAN SALEH
1.3.Komisaris.             : ADE LUNA
1.4.Direktur                 : OCIN SETIAWAN


1.2.2 Struktur Permodalan.
Modal dasar perusahaan sesuai dengan yang tercantum pada akta notaris adalah sebesar 150.000.000,-
Jumlah modal yang telah di setor pada saat pendirian perusahaan adalah sebesar 150.000.000,- .
1.3 DASAR HUKUM USAHA
CV. SINAR INDOBAN didirikan berdasarkan akta nomor 30, tanggal 19 Desember 2007, dihadapan notaris Ny. Purwasari,SH, di Surabaya.
Identitas, perusahaan adalah sebagai berikut :
Nama                           : CV.SINAR INDOBAN
Alamat Kantor            : Jl. Raya Menganti No 2B, Gresik, JATIM
1.4 JAMINAN KREDIT
Kredit investasi yang di peroleh dari bank atau dari lembaga, keuangan non bank pada prinsipnya akan terjamin atas proyek yang di bangun, meliputi: kredit modal kerja yang di jamin dengan investor dan hasil jual produk ban, sedangkan kredit investasi tetap di jamin dengan bangunan tempat usaha dan surat-surat penting lainya.
BAB II
PEMASARAN
2.1 PENDAHULUAN
Setelah tahun 2005 perusahaan transportasi di Indonesia mulai bermunculan seiring dengan membaiknya keadaan ekonomi. Dengan banyaknya perusahaan transportasi maka produk ban menjadi sangat di butuhkan.Selain mencoba untuk memperbanyak produksi ban kami juga melakukan peningkatan kinerja serta efektifitas kerja dari perusahaan suplei kami. Dengan berjalannya waktu dan bukti pelayanan yang baik yang dapat kami berikan menambah kepercayaan para pelanggan kami, sehingga omset kami semakin bertambah dari waktu ke waktu. Bahkan banyak permintaan yang tidak dapat kami layani karena jadwal yang terlalu padat.
Berdasarkan berbagai pertimbangan, maka CV. SINAR INDOBAN bermaksud akan mengembangkan usahanya, mengingat perkembangan dan prospek bisnis yang selama ini di kelola sangat baik kemajuannya.

2.2 STRATEGI PEMASARAN
CV. SINAR INDOBAN telah melakukan kerja sama dengan berbagai perusahaan yang berhubungan dengan tranportasi,lalu lintas dan bahan produksi. Dimana masing-masing perusahaan saling mendukung dan melaksanakan operasi bisnisnya. Dengan salah satu strategi ini akan membantu memperlancar pemasaran dan juga akan meningkatkan efisiensi perusahaan dalam mencari perusahaan tranportasi baru serta dapat menghambat perkembangan competitor.CV. SINAR INDOBAN akan memperhatikan beberapa masalah yang dapat menghambat perusahaan seperti dengan cara mamberikan pelayanan yang baik kepada konsumen dan peningkatan berbagai hasil produk ban yang sedang dibutuhkan saat ini.
Di samping itu dengan pembuatan brosur-brosur dan di sebarkan ke berbagai wilayah akansedikit menambah pengetahuan orang tentang adanya perusahaan ini. Diskon hargapun akan diperoleh guna menarik peminat untuk disuplei produk-produk dari CV. SINAR INDOBAN.

2.3 MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran meliputi:
1. Pemilihan pasar dengan terlebih dahulu mengadakan survey pasar untuk mengetahui potensi pasar dan keinginan konsumen.
2. Melakukan penelitian pasar, pengumpulan data secara terus menerus yang bersifat ringan.
3. Melakukan penelitian pasar berkala yang bersifat berat.
4. Menentukan kebijakan harga jual dan beli dengan memperhitukan biaya operasional dan juga mempertimbangkan saingan dari perusahaan yang sejenis.
Menjaga dan menepati jadwal penyelesaian order ke konsumen serta relasi usaha lainya.
BAB III
PROYEKSI KEUANGAN
3.1 Biaya investasi
Dalam pengembangannya, PT. CAHAYA PAGI memerlukan biaya investasi dan tambahan modal sebesar.
Rincian biaya-biaya investasi tersebut adalah :
ΓΌ Biaya investasi tetap
Biaya investasi bangunan
1. Sewa Tanah & Bangunan               Rp. 15.000.000,-
2. Peralatan kantor                              Rp. 15.000.000,-
3. Peralatan gudang                            Rp 56.000.000,-
4. Bahan produksi                               Rp. 50.000.000,-
Jumlah                                                 Rp.136.000.000,-
3.2 Sumber dana
Pembangunan dan pengembangan CV. SINAR INDOBAN akan dibiayai dengan dana yang berasal dari :
1. Modal awal                                                 Rp. 50.000.000,-
2. Pinjaman Bank atau non Bank        Rp. 100.000.000,- +
T O T A L I N V E S T A S I                         Rp.150 .000.000,-
3.3 Asumsi-asumsi proyeksi keuangan
5.3.1 Biaya operasional
Data biaya operasional tahun 2008 adalah :
1. Biaya general dan administrasi
Gaji dan upah karyawan :
§ Gaji per-bulan                      Rp. 2.400.000,-
2. Administrasi dan umum
§ Alat tulis kantor                   Rp. 200.000,-
§ Transportasi                          Rp. 6.000.000,-
§ Telephone dan Listrik          Rp. 1.500.000,-
§ Administrasi lainnya            Rp. 500.000,-
§ Biaya Pemeliharaan Rp. 9.000.000,-
T O T A L                               Rp. 19.600.000,-
BAB IV
CARA PRODUKSI & PERHITUNGAN LABA RUGI
4.1 Cara Prouksi atau Mendapatkan barang
Untuk mendapatkan ban bekas yang berkualitas sebelum diproses menjadi ban Vulkanisir ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas ;
1. kondisi ban bekas masih layak pakai
2. Tidak mengalami Goresan
3. Ban bekas tidak Kembung
4. Pecah-pecah
Untuk mendapatkan satu unit ban Vulkanisir dengan kualitas tertentu membutuhkan kira-kira 5 Kg Rubber Compound adalah bahan utama pembentuk karet ban.
Daftar harga Rubber Compound menurut kualitas karet yang dihasilkan :
§ HG Rp. 32.500,- /Kg
§ SG Rp. 32.300,- /Kg
§ SG Rp. 30.500,- /Kg
§ BG Rp. 29.500,- /Kg
§ WG Rp. 29.300,- /Kg
§ EG Rp. 26.500,- /Kg
§ CT Rp. 29.350,-/Kg
§ CG HC Rp. 34.500,-/Kg
Dan bahan bakar untuk menghasilkan satu unit ban Vulkanisir membutuhkan sekitar 1 liter Solar dengan Rp. 4.300,-
4.2 Perhitungan Laba Dan Rugi
v Jadi untuk menghasilkan satu unit ban vulkanisir dengan bahan Rubber Compound tipe HG adalah ;
- Ban bekas berkualitas 1000 > Rp. 350.000,-
- Rubber Compound Rp. 162.500,-
- 1 Lt bahan bakar Rp. 4.300,-
Rp. 516.800,-
- Ban bekas ukuran 512 > Rp. 50.000,-
Sedangkan satu unit ban Vulkanisir ukuran 1000 > dijual sebesar Rp. 775.000,- maka dapat diperoleh laba sebesar Rp. 258.200,-
Semoga proposal usaha bisnis vulkanisir ban diatas memberi inspirasi kepada anda untuk wirausaha

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates