Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Minggu, 19 Juni 2011

Pemahaman Hidup Mandiri dan Realistis




Mandiri
Setiap manusia akan terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan dari bayi hingga manula.  Ketika mencapai tahap dewasa, manusia di hadapkan pada keharusan untuk dapat hidup mandiri. Mandiri adalah sikap tidak bergantung kepaada pihak lain dalam mengambil tindakan, mengambil keputusan, serta dalam memilih berbagai aktivitas untuk mencapai tujuan. Orang yang mandiri adalah orang yang berani mengambil keputusan dan bertindak sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Sikap mandiri ini tumbuh dari adanya rasa percaya pada orang lan. Hal ini bukan berarti yang mandiri tidak memerlukan orang lain dalam hidup nya. Sebagai makhluk sosial tentunya setiap manusia pasti membutuhkan orang lain. Hanya bagi orang mandiri kebutuhan terhadap orang lain tidak meningkat menjadi ketergantungan terhadap orang lain.

Realistis
Realistis adalah menyesuaikan dengan keadaan dan kemampuan (keahlian). Hidup realistis mengandung pengertian berusaha memenuhi berbagai keingnan-keinginan yang disesuaikan dengan pribadi yang dinamis dan kreatif agar kita termasuk pada golongan orang-orang yang berhasil dalam menjalankan kehidupan ini.
Seseorang yang berjiwa realistis selalu berfikir positif , menerima kenyataan dan tidak selalu menyalahkan orang lain. Sikap seperti in menumbuhkan rasa optimis pada diri sendiri dan menumbuhkan pikiran bahwa pada hari esok akan lebih baik, tidak ada kesalahan yang tidak dapat di perbaiki.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates